AKHWAT KOK GITU…

“Dek, kamu tu akhwat! Lembut dikit nape?”
“Emang kenapa sih mas?”
“idih, dasar hiperaktif!”
“Eh, abang sayang.. ada apa to?”
“kamu tuh, kalo naek motor ngebut ga kira-kira! Tau ga sih tadi tu dapet sms dari kak Hendra. Malu-maluin aja!”
“hah? Emang kak Hendra sms apaan? Kok kamu sampe uring-uringan gitu?”
“ni smsnya baca sendiri!” dengan bimoli alias bibir monyong lima senti, kusodorkan hpku ke adikku satu-satunya itu.
From: Kak Hendra
Aslm. Dek, tadi kykny ka2k liat Nisa naek mtr sendirian lagi ya dari Jogja-Pati? Bener ga? Tlg dilarang y. Bhy bgt tu, akhwat, sendirian, ngebut lagi. Kl ad ap2 gmn cb? Km sbg sdr laki2 satu2ny wajib nglindungi dy lho. Afwan td ka2k sengaja nguntit dy, tkt ad ap2.
“tenang aja boy, aku udah dewasa, aku kuat, Allahuma’anna kan?” sambungnya dengan penuh kemenangan. Itu kata-kata pamungkasku untuk menguatkannya.
“tapi kamu tu akhwat, jangan beringas donk!”
“hhahaha… beringas gimana? Kalo masalah ngebut tu aku udah punya perkiraan. Lagian kamu juga tau kan berapa sih kecepatan motorku. Mentok juga 90. Hendra aja tu lebay dah.”
“tapi kak Hendra ada benernya juga! Bahaya tau!” aku makin berapi-api.
“hmm.. iya, aku tau maksudnya baik. Yasudahlah.”
“pantes aja ga ada ikhwan yang merapat. Siapa juga yang mau punya istri ga karuan gini.” Satria menggumam.
“Eh eh, ga boleh ngomong kayak gitu! Kejadian bener kamu juga rugi lho! Kan kamu ga boleh nikah sebelum lulus atau aku duluan. Ahahahaha…”
Huhff… Aku sama Nisa Cuma terpaut 1,5 tahun, mungkin karena alasan itu mama membuat peraturan tak tertulis itu. Seandainya aku nikah duluan pasti adiiku sayang ini kesepian tanpa hadirku. Ah, aku rela melakukan apapun asal dia bahagia dah.
@@@
“Nooooooooooooooonnnnnnnn!!!”
“apaan sih mas? Masuk bukannya salam eh langsung nyelonong aja! Ga sopan tauuuuuu!! Ikhwan kok gitu!” Nisa ngomel-ngomel sambil bimoli-nya ga ketinggalan.
“sorry sorry… mau es krim ga?” aku yakin, rayuan mautku pasti bikin dia klepek-klepek. Hehe…
“hmmm.. ada udang dibalik tepung nih. To the point aja deh. Lagi pusing nih, ada deadline besok pagi!”
“eh iya iya, langsung aja ya, aku mau curhat non…”
“masalah apa?” matanya masih aja mantengin laptop, wajahku nan ganteng ini ga diliriknya sama sekali. Huhf!
“kamu ngadep sini donk! Matiin tu laptopnya! Rugi tau punya mas ganteng ga diliatin. Ahahahaha…”
“udah hibernate aja. Cepet cerita gih.” Nisa udah pasang tampang serius, aku mesti serius nih, keburu dia jadi macan. Hehe…
“gini non, kemaren aku liat kamu pas aksi akrab banget sama akhwat yang pake jilbab biru motif abstrak…”
“hayo loooo… ketauan ga GB!!!”
“eh, bukan gitu, aku liat di foto dokumentasi aksi kemaren dari kamera hendra! Enak aja!”
“trus kenapa? Naksir?”
“seandainya aku udah boleh nikah sama mama, bisa jadi aku naksir. Tapi karena ga, aku ga berani naksir dah. Hiks…” hatiku jadi pilu. Hehe…
“trus ngapah nanya-nanya? Mu ngomporin aku buat cepet nikah biar kamu bisa cepet nyusul?” wah, gawat nih, macannya udah keluar.
“calm down beibh… dengerin dulu. Temenku ada yang sreg sama akhwat itu. Berhubung kamu kayaknya deket ma beliau, akulah yang disuruh menyampaikan amanat ini ke kamu.”
“suruh nyari info tentang status dia?”
“yup. Cepek dah buat kamu.”
“dia lagi ga berproses. Kemarin kandas, ga tau kenapa.”
“kamu kok tau banget? Valid ga nih?”
“ya tau lah, lha wong temen seliqoan.”
“owalah… ngobrol kek dari dulu punya temen kece-kece. Hahaha…”
“wuh, dasar ikhwan jaman sekarang.” Sambutnya sewot.
“eh dek, menurutmu dia cocok ga sama aku? Jodohin donk…”
“haaaaaaahhhhh??? Yang ngincer dia temenmu atau kamu sendiri sih mas??”
“hmmm… sebenernya sih aku. Hehehe…” aduh, aku kelepasan ngomong. T.T
“enak aja! Ga inget kata mama ya?? Tak aduin ke mama tau rasa! Pasti ga bakal boleh!” Nisa makin sewot, aku tau dia sensitif untuk masalah satu ini. Dia takut kehilangan.
“aku tau mas harus menyegerakan nikah, tapi apa mas tega ninggalin aku?” setdah… nisa mulai nangis bombay kayak habis ngiris cabai…
“eh, bukan gitu sayang, mas udah siapin semuanya. Mas ga akan nglanggar janji ke mama kok.”
“kalau mas berproses sekarang, apa iya mau nungguin aku? Ya kasian akhwatnya donk! Mikir!!”
“aku udah mikir kok sayang, ada surprise buat kamu.”
“apaan?”
“ikhwan”
“hah?? Maksudnya?”
“ya ikhwan. Ada temen mas mau berproses dengan kamu. Dia sangat mengenal kamu.”
“siapa??”
“tunggu tanggal mainnya. Hahahaha…” bantal segera mendarat di wajahku.
“kasih tau!!”
“iya-iya… tebak ya.. cluenya sebagai berikut, FE 03 UI, sekarang kerja di salah satu BUMN di Jogja, temen akrab mas.”
“hmm… aku ragu buat nebak.”
“tebak aja, aku yakin kamu pasti tau.”
“kak hendra?”
“yap, gimana? Mau?”
Wajahnya tenang, dia diam, tak ada ekspresi. Ah, biarlah dia larut dalam perasaannya, akan kutanyakan lagi nanti malam. Berpikirlah dengan jernih sayang…
@@@
“Woy!! Kalo naik motor jangan sembarangan donk! Punya nyawa serep apa?”
“Maaf saya sedang buru-buru. Ada kepentingan.”
“semua orang juga punya kepentingan ukh. Saya juga punya. Sekarang gara-gara anti saya terlambat ke kantor!”
“sekali lagi saya minta maaf.”
“akhwat kok serampangan gitu.”

Aku masih ingat sekali dengan kejadian itu, di jalan Wahid Hasyim. Entah kenapa aku tiba-tiba menabraknya dari belakang. Huhff.. memang sepenuhnya salahku. Tapi kalimat yang sudah melewati telingaku dan pasti terekam di otakku. Dan sekarang, ikhwan itu, memintaku kepada kakakku.

(CERITA INI HANYALAH KARANGAN BELAKA. JIKA ADA KESAMAAN NAMA TOKOH, CERITA, TEMPAT, DSB, HARAP MAKLUM. En

2 thoughts on “AKHWAT KOK GITU…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s