MUSLIMAH LAGEEEE…

Hmm… udah lama ni ga nulis tentang muslimah. Hehe… ni ide tiba-tiba muncul pas kemaren tiba-tiba disuruh jadi juri lomba kreasi jilbab di event Annisa FKMM Fisip. Kaget aja geto, secara aku ga pernah tampil macem-macem selama tidak diperlukan. Hehehe… maksudnya pas acara wisuda ato walimahan (ups, yang ini lum pernah, segera insyaAllah. Ahahaha…). paling-paling aku ngutak-atik jilbab pas dikamar sendirian gitu, mengasah ketrampilan. Ahahaha…

Nah, yang kubahas disini bukan kreasi ngutak-atik jilbab, Cuma saran biasa aja buat para jilbaber yang mungkin emang sering banget aku bahas sebelum-sebelumnya.

Pertama, sisi syar’i, jadi kembali ke esensi jilbab dari awal, harus menutup aurat, tidak membentuk tubuh (longgar), tidak transparan, tidak tabaruj (dandan berlebihan), deelel. Jadi kita harus memenuhi syarat-syarat itu…

Kedua, penyesuaian warna. Sering aku liat akhwat-akhwat tu pake baju ga matching banget. Misal rok warna biru, baju warna pink, jilbab warna ijo (guubraaakkkk… parah bener kalo ini. :p). It’s OK kalo kita orangnya emang tipe cuek, tapi sadarlah yang merasa begitu (walau tak separah itu), kita ini makhluk sosial, di sekitar kita banyak orang lain, kasian mereka yang liat kita, pasti matanya sakiiiiiiitttt bangeet. Ga Cuma itu, mending kalo orang-orang yang matanya sakit liat kostum tabrakan kita itu diem, nah kalo keluar kata-kata ga enak dari mereka yang membawa kata “Islam” gimana? Misal nih yang pernah ku dengar, “akhwat emang sederhana banget ya, mpe baju ala kadarnya gitu.” Atau gini, “idih, gw ga mau ah jadi akhwat kalo penampilan kacau gitu. Emang ga diajarin cara berpenampilan ya? Katanya Islam tu kaffah? Katanya Islam mengatur hal sekecil apapun? Jadi gitu aturannya? Ogggaaaahhhh…” Nah lo, bisa ribet kan urusannya??? Ini nyata lho. Kita yang harusnya jadi pengemban dakwah, malah justru menghambat dakwah itu sendiri. Hiks…
Trus lagi, liat warna dengan hati. Maksudku gini, warna tu kan macem-macem, perhatikan dg seksama. Ga semua warna ijo serasi dengan ijo yang lain. Gitu… Kalo perlu tanya ke orang terdekatmu, misal temen sekamar atau ibumu, udah serasi apa belum. Gradasi warna juga perlu. Paling ga itu ga mematikan warna, misal dari ujung kepala sampai ujung kaos kaki nge-pink ria, jadi gemana… geto… senada sih senada, tapi jangan lebay.

Ketiga, hati-hati dengan motif. Sebenernya yang kusampaikan ini ilmu dasar fashion. Semua orang harusnya udah tau dengan feel masing-masing, karena kita sudah dikaruniai rasa. Tapi pada kenyataannya masih banyak orang ga menyadari pentingnya ini. Pernah kan liat orang pake rok garis-garis vertikal dipadu baju garis-garis horizontal? Atau baju garis-garis dipadu jilbab polkadot? Atau rok kotak-kotak dipadu jilbab motif bunga rame? Huah, pokoknya buanyak deh padu padan kacau. Jadi orang lain yang liat tu males, kayak ada etalase berjalan gitu. Hehehe… apalagi tipe orang kayak aku, yang kalo liat sesuatu yang rame mendadak pusing. So, jangan mendzolimi orang di sekitarmu.

Keempat, jangan lebay dandan. Masak mu ke kampus aja dandan berjam-jam? Pake maskara lah, foundation lah, bedak 5 lapis lah, minyak wangi setengah botol lah, atau apapun itu, anda berhak mendapat predikat “Miss Lebay+alay”. Hmmm… biasa aja napa? Ga usah menipu orang lain dengan menyembunyikan kekuranganmu, it is given, syukurilah itu. Atau kita harus menunggu Allah menimpakan sesuatu yang tidak kita inginkan baru kita mensyukurinya?
Cukuplah kita merawat apa yang ada. Bedak, pelembab, lotion/sunblock, lipbalm. Itu saja kurasa lebih dari cukup.
Ingin terlihat cantik? Hai gals, sadarlah, kamu itu cantik! Sangat cantik! Akan lebih cantik dengan aura iman dan ilmu yang terpancar dari hatimu. Ayolah gals, perbaiki dirimu, dan saat bangun tidur di pagi hari, tataplah cermin, dan berkatalah pada bayanganmu “AKU CANTIK SEKALI HARI INI, DAN ESOK AKAN LEBIH CANTIK”.

Nah, udah merasa cantik?? ^ ^

yang lain kapan2 nyusul dah…

One thought on “MUSLIMAH LAGEEEE…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s