DILEMA SAYA, SEBAGAI ORANG ISLAM

Di Indonesia, kebanyakan orang menganggap bahwa agama adalah sesuatu yang diturunkan, alias warisan dari orang tua atau nenek moyang. Begitu pula saya, saya Islam karena keluarga saya pun menganut agama ini.
Saya belajar mengikuti apa yang dilakukan dan diajarkan orang tua saya yang alhamdulillah juga Islam. Sekalipun saya tidak pernah menyesali pewarisan ke-Islam-an saya ini. karena pencarian kebenaran pun telah saya lalui pada suatu fase dalam kehidupan saya, hingga detik ini.
Tapi ternyata tak selamanya warisan itu dapat diwariskan dengan sukses. Kenyataannya, 50% dari keluarga bapak saya, yang notabene kakek-nenek saya menganut Islam, menjadi penganut agama lain yang taat. Bukan main-main dan asal-asalan.
Jelas menjadi suatu dilema dalam hati saya, apalagi bapak saya pastinya. Memiliki saudara kandung yang tidak seiman.
Setiap menjelang Natal seperti sekarang, saya hanya mampu menghindar. mungkin ini adalah bukti bahwa saya hanya seorang pengecut. katakanlan iman saya hanya setipis membran paling tipis sekalipun, tapi semoga benar bahwa selemah-lemahnya iman adalah mengingkari dengan hati.
Tidak ada ucapan “selamat” dari mulut saya yang jelas difatwakan haram, dan saya meyakini kebenaran fatwa itu.
Dilema besar. Di satu sisi hal ini mengancam kerukunan keluarga besar kami. Di sisi lain, saya mempertahankan keyakinan saya.
Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kami, semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahnya untuk kami semua.
Wallahualam bi shawab..

Semarang, 24 Desember 2010

One thought on “DILEMA SAYA, SEBAGAI ORANG ISLAM

  1. amin, pertahankan iman insyAllah balasan Allah sangat indah,… pesan Rasul : Ijjtanibu A’daAllahi fi iddihim (jauhilah musuh2 Allah pada hari besar agama mereka)

Leave a Reply

