Membaca Efektif

Saat ini kita sedang hidup diantara derasnya arus informasi yang seolah-olah tidak dapat dibendung. Bahkan banyak sekali informasi sampah yang membanjiri kehidupan kita.

Sebagai seorang mahasiswa, khususnya sebagai calon ahli informasi, mau tak mau kita harus menelan informasi dan mengambil intisari informasi tersebut, satu-satunya cara tentu dengan membaca.

Kendala klasik adalah bagaimana agar kita dapat membaca cepat dan efektif? Tentu waktu kita akan banyak tersita hanya untuk membaca, bayangkan jika harus menyelesaikan tiga atau empat buku bahkan lebih dalam sehari. Itulah tuntutan profesi yang harus kita jalani. Tuntutan konsumen informasi semakin hari semakin banyak. Itu hanya membaca, belum membuat abstrak atau resumenya. Apalagi buku-buku yang jelas bukan disiplin ilmu kita dan banyak istilah asing didalamnya, seperti buku-buku kedokteran, biologi, dan masih banyak lagi.

Agar membaca efektif tidak menjadi kendala, saya akan membagi tips membaca efektif agar waktu kita tidak banyak tersita untuk membaca. keuntungan lain, kita akan memperoleh banyak informasi dari waktu yang relatif singkat.

Berdasarkan informasi yang saya dapat, kemampuan mata untuk menerima informasi dari yang ia baca mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada telinga, berbanding delapan kali lebih cepat. Telinga mampu mendengar 250 kata setiap menitnya sedangkan mata dapat membaca 2.000 setiap menit. So amazing!!! Manfaatkanlah!!

Berikut tipsnya :

1. Fokuskan pikiran kita untuk membaca terhadap objek yang kita baca, jangan memikirkan hal lain, karena akan mengganggu konsentrasi kita. tingkatkan kemampuan konsentrasimu dengan berlatih membaca sebuah buku 10-20 menit. Lakukan setiap hari sampai daya tahan konsentrasi Anda meningkat sedikit demi sedikit

2. Sebelum mulai membaca ada beberapa bagian buku yang dapat membantu kita untuk dapat memahami keseluruhan isi sebuah buku. Seperti sampul buku, biografi penulis, prolog penulis, daftar isi, dan indeks. Inilah yang disebut dengan proses scanning, yaitu kita melihat secara selintas keseluruhan isi dari buku yang akan kita baca. Begitu mulai membaca, kita bisa bebas melompati materi yang sudah kita ketahui atau materi yang tidak kita minati. Pada bagian tertentu kita bisa mendalami karena ada topik atau informasi yang harus kita cermati dan kita cerna lebih dalam. Proses ini disebut dengan proses skimming.

3. Setelah melakukan proses scanning, kita dapat membuat peta pikiran buku tersebut. Tidak usah terlalu detil, tetapi cukup informatif untuk menjelaskan isi buku dalam satu halaman kertas. Atau kalau itu buku milikmu sendiri, tandai dengan pewarna (red:st**ilo) pada bagian-bagian yang kamu rasa penting untuk diingat.

4. Pahami jalan pikiran penulis. Semakin cepat kita mengetahui topik, tujuan, pokok masalah materi yang kita baca, semakin baik pemahaman dan ingatan kita akan hal itu.

5. Hindari baca kata per kata dan kalimat per kalimat. Apalagi untuk buku berbahasa asing, kita tidak perlu menerjemahkannnya kata demi kata, karena akan menghambat proses penyerapan informasi dalam otak. Atau biasakan mata melihat seluruh badan paragraf dan menangkap pesan inti.

6. Hilangkan kebiasaan menggerakkan kepala, menggerakkan bibir, mengeja dengan hati, dan menunjuk dengan jari, karena hal itu hanya akan membatasi ruang gerak mata kita yang otomatis juga akan memperlambat proses membaca.

7. Jangan tergoda untuk mencari kesimpulan yang disediakan di dalam buku, karena membaca adalah sebuah proses identifikasi pengetahuan, sedangkan kesimpulan akan muncul dengan sedirinya dari hasil olah otak kita.

8. Untuk mempermudah kita menggunakan buku tersebut sebagai referensi, kita bisa mencatat inti isi buku tersebut dalam sebuah buku catatan atau kertas khusus yang dapat kita simpan dan kita lihat kembali setiap saat.

Nah, selesai sudah tips membaca efektif. Jadi ga perlu khawatir kalau suatu saat kita harus melahap 5 buku asing dalam sehari. Tapi tips diatas tidak berlaku untuk buku-buku fiksi, karena buku fiksi dibaca untuk dinikmati alur ceritanya pelan-pelan.

Kamu juga perlu tahu, membaca adalah sebuah keterampilan, jadi memang harus dibiasakan, kalau kata orang bijak, “we first our habits, then our habits make us”. Teruslah berlatih agar kecepatan dan efisiensi membaca kita terus meningkat.

Indonesia Membaca, Indonesia Bisa!

2 thoughts on “Membaca Efektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s