Menulis Tangan

Sebuah studi menunjukkan, menulis dengan menggunakan tangan dan membaca buku membuat seseorang lebih mampu menyerap pelajaran daripada mereka yang menggunakan komputer.

Profesor Anne Mangen dari University of Stavanger di Norwegia menjelaskan hal itu, Bahwa membaca dan menulis tangan dapat melibatkan berbagai indera. Ketika seseorang menulis dengan tangan, otak menerima umpan balik dari otot dan ujung jari.

Menulis tangan memiliki umpan balik yang lebih kuat disaat menulis menggunakan tangan daripada menulis dengan mengetik dikeyboard komputer. Tidak diragukan lagi, proses ini dapat meningkatkan mekanisme seseorang belajar.

Karena menulis menggunakan tangan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan mengetik di komputer, bagian dari otak yang berhubungan dengan bahasa juga mempengaruhi proses belajar, kata Profesor Mangen.

Mangen mengacu pada percobaan yang melibatkan dua kelompok orang dewasa, di mana para peserta ditugaskan tugas harus belajar menulis huruf alfabet yang tidak dikenal sebanyak dua puluh huruf. Satu kelompok diajarkan untuk menulis dengan tangan, sementara yang lain menggunakan keyboard. Tiga dan enam minggu dalam percobaan, Dalam studi ini, Profesor Mangen. mendapatkan hasil eksprimen sebagai berikutnya, peneliti menguji apa yang telah dipelajari oleh para peserta, di mana mereka harus menentukan huruf yang benar atau huruf yang salah. Diketahui, mereka yang belajar dengan tulisan tangan didapatkan hasil yang lebih tinggi dalam tes keseluruhan.

Proses membaca dan menulis melibatkan beberapa indera, ia menjelaskan. Saat menulis dengan tangan, otak kita mampu menerima umpan balik dari tindakan motor kita, Dapat menimbulkan sensasi saat menyentuh pensil dan kertas. Namun sebaliknya terjadi perbedaan yang signifikan dengan orang yang belajar menggunakan keyboard.

Sumber :
1. http://homedailynews.com/hand-writing-the-best-way-to-learn/3383/
2. http://www.physorg.com/news/2011-01-better-learning-through-handwriting.html

sumber tulisan : http://edukasi.kompasiana.com/2011/01/23/menulis-tangan-mampu-menyerap-pelajaran/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s