Dari Jalanan KAMMI Mewujudkan Paradigma Gerakan

Jelas dalam visinya, bahwa KAMMI adalah wadah perjuangan permanen yang akan melahirkan kader-kader pemimpin dalam mewujudkan bangsa dan negara Indonesia yang Islami, disana dicantumkan satu cita-cita besar, yaitu mewujudkan bangsa dan negara Indonesia yang Islami. Tidak ada yang tidak tahu tentang sepak terjang KAMMI di jalanan. Tapi yang akan disoroti penulis dalam makalah ini adalah Paradigma KAMMI yang sangat fantastis itu yang seolah-olah telah dilupakan.

Terlalu kompleks masalah bangsa ini, dan tidak akan dapat diselesaikan hanya dengan semangat turun ke jalan saja. Karena KAMMI terlalu besar jika hanya diartikan sebagai penguasa jalanan.

Paradigma gerakan yang pertama yaitu KAMMI adalah gerakan da’wah tauhid. Tauhid sebagai benteng pertama umat, KAMMI harus mengiimplementasikannya dalam mengatasi berbagai masalah akhlak yang menyerang sendi-sendi kehidupan bangsa ini. Mulai dari krisis jati diri generasi muda, hingga ghozwul fikr melalui berbagai media yang menimbulkan Islamphobi sebagaimana yang terjadi di negara-negara barat. Seharusnya hal ini tidak terjadi di Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim.

Paradigma gerakan yang kedua yaitu KAMMI adalah gerakan intelektual profetik. Menyoroti point tersebut, ada yang mungkin terlupakan oleh kader saat ini. Yaitu pentingnya kader untuk memfokuskan dirinya sesuai basis kompetensinya yang dapat menunjang aksi strategis gerakan. Seharusnya kita sebagai generasi muda dapat menyadari seberapa besar kompetensi yang kita miliki sehingga dapat merealisasikan kompetensi itu. Dimulai dari hal kecil untuk sesuatu yang besar.

Islam sangat menjunjung tinggi ilmu, dan Allah mengangkat derajat orang yang berilmu. Yang kemudian yang menjadikan peradaban Islam yang sangat maju.dengan ilmu diharapkan kita mampu memahami dan berkontribusi pada dinamika zaman yang senantiasa berubah. Serta memahami ancaman-ancaman yang semakin hari semakin gencar ditujukan pada dunia Islam. KAMMI milik semua kader dengan berbagai macam latar belakang kelilmuan. Hal ini tentu saja sangat memperkaya KAMMI untuk mewujudkan point ini.

KAMMI adalah Gerakan Sosial Independen, selain sebagai elemen gerakan mahasiswa, KAMMI juga ada pada posisi gerakan moral di atas sistem yang ada. Permasalahan yang begitu kompleks di negeri ini memerlukan penyelesaian yang komprehensif yang bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah karena kita sebagai muslim. Hingga melahirkan solusi-solusi Islami yang dapat diterima secara universal dengan massif kita sebarkan ke seluruh sendi kehidupan bangsa, hingga solusi Islam yang kita tahu tidak hanya sekedar kata, tapi semua masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang agama mengakui kesempurnaan dan keindahan Islam yang solutif.

Gerakan mahasiswa saat ini bagaikan kehilangan pamor. Begitu banyak EGM yang collapse, jauh menyimpang dari filosofi gerakannya ataupun dari cita-cita awal pembentukannya. Mahasiswa cenderung lebih berpikir pragmatis untuk masa depannya, yang menurut mereka tidak akan didapatkan melalui kiprahnya pada gerakan, sehingga kebanyakan mereka enggan melakukan kegiatan intelektual atau aksi sosial baik di dalam apapun diluar kampus.

KAMMI adalah Gerakan Politik Ekstraparlementer, dengan kata lain KAMMI menempatkan diri sebagai pengawal demokrasi. Demokrasi memang bukanlah sistem Islam, namun asas kesetaraan dan persamaan yang dikandung di dalamnya sejalan dengan kaidah-kaidah nilai-nilai keislaman. Gerakan politik ekstraparlementer selama ini lebih dipahami sebagai demonstrasi di jalan. Yang dampaknya tidak begitu signifikan untuk saat ini. Berbeda dengan tahun-tahun awal pembentukan KAMMI dimana kapanpun waktu aksi akan diikuti seluruh atau sebagian besar kader dan simpatisan, sedangkan kita tidak dapat menutup mata melihat kenyataan saat ini dimana setiap aksi hanya segelintir orang saja yang turut serta. people power hanya mimpi jika tidak ada semangat bersatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s