Kecebur, Bukan Nyebur

Pekan kedua di semester 6. Kata dosen-dosen saya, ini bukan lagi usia tanggung, tapi usia T.U.A.

OMG!!! Betapa sensitifnya saya dengan kata TUA.

Tapi bukan itu, bukan itu masalah saya. lupakan tentang tiga-huruf-itu. Sekarang saya sudah semester 6. Masih di jurusan, fakultas, dan universitas yang sama seperti sekitar 2,5 tahun yang lalu.

Awalnya saya memang kecebur, bukan nyebur, tapi ga sengaja nyebur. Pilihannya hanya dua, berenang atau tenggelam. Well, buktinya saya memilih berusaha berenang meski megap-megap, dan seringkali terpaksa minggir untuk sekedar melepas lelah dan bernafas. Bukan mudah. Karena saya bukanlah perenang ulung, hanya amatiran.

Lima semester, setengah perjalanan lebih mencapai gelar S.Hum. tapi tak jarang dalam beberapa waktu saya masih menangis, meratapi sesuatu yang entah apa saya pun tak tahu.

Dua pekan di semester 6, sekali lagi 24 sks, pertama kalinya 12 biji mata kuliah. Kebayang betapa padatnya? Ya, ini keputusan saya. dibilang ngebut juga ga. Saya hanya mengambil kesempatan yang ada.

Malam ini saya curhat. Berteman leptop yang setia, yang belakangan sering mengawasi saya tidur hingga pagi hari. Malam ini saya sengaja duduk di balkon kamar, sambil menikmati kerlip lampu yang biasanya hanya saya nikmati melalui kaca jendela, karena saya tidak ingin binatang-binatang malam berkunjung ke kamar saya jika pintu balkon dibuka. Tapi malam ini saya tidak peduli dengan hewan-hewan yang memasuki kamar saya. entah bagaimana nanti caranya mengusir mereka. Yang jelas saya ingin berkontemplasi, bersama angin malam yang berhembus dingin, bersama nyanyian jangkrik yang mengalun merdu, bersama syahdunya bulan sabit yang tersenyum damai.

Semester 6, saya belum juga mendapat sesuatu yang menarik.

Entahlah…

*to be continued*

Leave a Reply

