Kereta Ekonomi, Riwayatmu Kini..

Kereta ekonomi bakal dihapus? Ga ada lagi? Diganti ekonomi AC semua?

Rrrrrrr….

Saya salah satu pengguna dan penggemar kereta ekonomi sejak kuliah. Hyaiyalaaah, ke Semarang-Jakarta cuma 30ribuan, Semarang-Bojonegoro hanya 6500, Semarang-Solo hanya 13500, Solo-Bandung hanya 38000.

Aduh berasa jadi calo tiket😀

Coba bandingkan dengan harga tiket bus, apalagi saya tipe orang yg kalau naik bus bisa muntah sepanjang jalan. Kebayang kan muntah dari Semarang sampai Jakarta? Lagipula kereta lebih cepet nyampe.🙂

Itu alasan saya lebih sering kemana-mana dengan kereta.

Tapi semua mulai berubah sejak beberapa tahun yg lalu. Kereta ekonomi lokal Semarang-Solo yg biasa saya gunakan kalau ke Jogja (disambung Solo-Jogja via Prameks), dan kereta ekonomi Feeder Semarang-Bojonegoro sudah tidak jalan lagi. Entah kenapa, saya tidak mendapat jawaban dari bapak2 security yang ganteng-ganteng di stasiun Poncol.

Untungnya kereta Tawangjaya Semarang-Jakarta masih ada. Masih bisa lah bernapas lega😀

Terakhir menikmati kereta ekonomi baru pekan lalu, ke Jakarta. Ekonomi biasa, 33500+biaya admin (karena reservasi via 121) jadi 41000. Murah buanget untuk sampai menginjakkan kaki di ibukota negara kita tercinta. Sebatangkara seperti biasa.

Ibu saya selalu keder pasang muka sebel tiap saya cerita kalau saya habis ke jakarta naik kereta ekonomi. Ngeri kali kebayang dengan cerita takjub saya dulu masa pertama kali naik kereta ekonomi yang sesak, koridornya penuh dengan pedagang asongan, di bawah dan diatas saya ada tubuh manusia tergeletak tidur lelap, asap rokok dimana-mana, dsb, dll. Atau berdiri di kereta sepanjang 7jam perjalanan sampai kaki kaku. Apalagi satu-satunya anak gadisnya yg paling cantik ini sebatangkara. Kalau ilang mau cari dimana? :p

Itu dulu, sekarang ga ada lagi pemandangan seperti itu. kereta ekonomi sekarang rapih sekali. Semua penumpang dapat tempat duduk. Ada tulisan larangan merokok di dalam gerbong (walau masih banyak yg melanggar), pedagang asongan ga seruwet dulu, teriakan “mijon-mijon” sesekali terdengar nyaring.

Sudah ada kereta ekonomi AC, kenapa masih naik ekonomi biasa?

Well, saya pikir hanya orang2 “terpaksa” yang mau naik kereta ekonomi AC. Gimana ga, harga tiket ekonomi biasa 33500, ekonomi AC 90000, fasilitas bedanya hanya AC dan AB (angin mBrobos). Kalau lagi ga terpaksa banget ga kebagian tiket ekonomi biasa, mending beli bisnis sekalian kan? Ga beda jauh harganya, lebih nyaman tempat duduknya, dan dijamin lebih sepi, 125000.

Untuk kami kalangan ekonomi menengah kebawah, inilah pilihan kami. Apalagi “wong ndeso” seperti saya, yang alergi dingin, kalau kena AC lebih dari 6 jam mendadak mengkeret kayak Spongebob waktu main kerumah Shandy. Belum lagi yang sudah berkeluarga bawa anak, mau pulang kampung dari Jakarta, pasti lebih memilih ekonomi biasa dibanding ekonomi AC. 1 tiket ekonomi AC bisa dapat 3 buah tiket ekonomi biasa. Benar-benar angkutan massal yang mengagumkan menurut saya, sangat pro rakyat.

Kemudian ada rencana kereta ekonomi biasa akan ditiadakan. Aaarrrgghhh… gimana ga galau coba? Gimana nasib bapak2 pedagang yang mau mengadu nasib di ibukota? Yg tiap sepekan sekali harus pulang melepas rindu dengan anak-istrinya di daerah perbatasan Semarang-Demak. Atau nasib bolangers seperti saya yang cinta mati sama kereta ekonomi saking murahnya?

Toh orang-orang kecil seperti kami tak peduli dengan AC. Ada oksigen cukup tanpa polusi pun sudah sangat bersyukur. Dulu kami pun rela dapat tiket tanpa tempat duduk, asal ikut terangkut sampai di tujuan dengan selamat. Lalu kenapa harus pakai AC? Toh jendela banyak. Kami juga tak peduli dengan kulit wajah yg kucel diterpa angin sepanjang lebih dari 8jam perjalanan.

Semoga, semoga rencana itu tinggal rencana, hanya wacana.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s