Galaksi Cinta – Kinanthi

Novel ini sudah saya beli di gramedia beberapa bulan yang lalu. Ya, seringkali saya ga sadar memarkir motor di toko buku, kemudian tanpa tujuan pasti melihat-lihat yang ada, kalau ada yang menarik saya baca di tempat, kalau pas punya uang saya beli.

Dan parahnya Mei-Juni adalah bulan dimana saya sering kalap beli buku, tanpa rencana, tanpa anggaran.
Salah satu buku yang menarik hati saya berjudul “Kinanthi”, buah karya Tasaro GK.

Kalimat di halaman belakang sampul yang membuat saya sekonyong-konyong merasa jatuh cinta;
“Begini cara kerja sesuatu yang engkau sebut cinta.
Engkau bertemu seseorang, lalu perlahan-lahan merasa nyaman berada di sekitarnya. Jika dia dekat, engkau akan merasa utuh, dan terbelah ketika dia menjauh. Keindahan adalah ketika engkau merasa ia memerhatikanmu tanpa engkau tahu. Sewaktu kemenyerahan itu meringkusmu, mendengar namanya disebut pun menggigil akalmu. Engkau mulai tersenyum dan menangis tanpa mau disebut gila.
Berhati-hatilah…”

Ah, bahasa yang jleb jleb jleb.
Alur cerita yang runut, penggambaran latar yang detail, khas karya seorang master fiksi. Siapa yang tak kenal Tasaro?

Namanya Kinanthi, seorang gadis desa asal Gunungkidul, berteman baik dengan Ajuj. Dengan alasan klasik, masalah ekonomi, Kinanthi dijual oleh orangtuanya sendiri seharga 50kg beras. Ya, 50kg beras sangat menggiurkan bagi masyarakat pedesaan Gunungkidul, yang sehari-hari hanya makan tiwul.

Perjalanan hidup Kinanthi tak habis sampai disitu, dia dijual berkali-kali, diculik mafia tenaga kerja di Arab, dijual lagi ke Kuwait, disiksa, dihina, dan berkali-kali hampir diperkosa. Kinanthi gila.

Lalu apakah cerita ini berujung happy atau sad ending?

Silakan baca sendiri. Dapatkan bukunya di toko-toko buku terdekat 

Selamat membaca.

Leave a Reply

