PNS?

Beberapa hari yang lalu, saya membaca artikel di Kaskus, tentang lulusan fakultas Hukum suatu PTN ternama di Jogja, yang mengaku tertipu 750juta dalam rangka menembus Kementerian Keuangan Republik Indonesia tercinta.

Well, klasik.

Bukan rahasia umum, saat ini hampir semua orang bangga jika bisa menembus tes CPNS. Dan tidak sedikit yang bangga menggelontorkan sejumlah uang demi kerja baktinya untuk negeri ini.

Ya, kerja bakti. Tak usah kita sebut angka sefantastis 750juta, yang jumlah 0-nya ada 7 biji bulat semua. Kabar burung yang beredar, yang saya dengar dari telinga saya sendiri, di hadapan muka saya yang imut cerah ceria walau jerawatan ini, ada orang yang “menawarkan” 250 juta saja. Katanya dijamin lolos. Kalau tidak lolos, uang dikembalikan. Siapa percaya?

Saya tidak. Tapi ada banyak sekali yang percaya diluar sana. Kalau saya punya duit segitu, duit ya, bukan daun, saya lebih memilih untuk membesarkan Beranda NonaNona

Kenapa oknum-oknum itu sebegitu beraninya? Yap, spekulasi.

Kalau keterima ya dia dapet 250juta, kalau ga keterima ya minimal dapet bunganya, 250juta kali sekian persen dalam 6-12bulan, lumayan.
Saya masih terlalu percaya, bahwa sebobrok-bobroknya negeri ini, ada banyak sekali orang baik, yang lurus langkahnya, yang jernih hatinya. Kalaupun praktik itu memang benar adanya, setidaknya ada saudara-saudara saya, kakak-kakak saya, adik-adik saya, yang PNS, yang lolos tanpa pelicin, karena kemampuan, dan keberuntungan. Entah itu berapa prosentasenya.

Saya? Ikut daftar juga?

Kali ini tidak. Saya katakan kali ini, entah tahun depan dan seterusnya berubah pikiran atau tidak.

Saya masih bercita-cita lain, berkaitan dengan rencana pernikahan saya. 

Semoga diberi kelancaran. Aamiin..

4 thoughts on “PNS?

  1. Saya juga geleng2 kalo denger berita gitu, tetangga sebelah kanan bayar 150 jt biar diangkat PNS, saudara sebelah kiri bayar 100 jt biar diangkat jadi bidan, trus ada lagi yang bayar 100 jt biar bisa masuk angkatan dan ternyata gak masuk tapi uangnya nggak balik, padahal orang tuanya ngumpulinnya dari anak itu masih kecil,.. hadehhh
    eh, salam kenal ya mbak, ijin follow blognya😉

Leave a Reply

