Urang Jawa Indak Suko Ameh?

Yuhuuu…
Setelah setahun berlalu, akhirnya curhat disini lagi. :))

Alhamdulillah bayi Adam sudah setahun, sudah bisa jalan, jadi sudah bisa sedikit ditinggal ngeblog, whatsapan, instagraman, dan fesbukan.

Di malam yg sunyi ini, aku sendiri, tiada yg menemani..
Eh stop, itu om Chrisye😀
Tetiba saya teringat suatu siang di Padang tempo hari.
Papa mertua saya bilang ke suami “ami ndak pakai2 ameh tu malu lah awak, a beko kecek urang”
Eh sebenernya kalimatnya ga gitu, tapi itu redaksi gampangnya menurut saya yg masih nyubi dalam bahasa Minang. Hehe

Lalu kami berpandangan, dan nyengir😀

“Tu nyo sederhana se iduiknyo, terserah se apo kata urang”kata suami saya

“Ami indak suko pakai2 ameh doh pa, cincin kawin se ami simpan. Sejak kelas 6 SD ami lapeh anting ko, risih, indak bebas” jelas saya

Percakapan selesai.😀

*skip* *skip* *skip*

Beberapa hari kemudian, lagi duduk-duduk santai di teras, ada Amak. Amak ni neneknya suami, ibunya mama mertua, usianya 90tahun.

“Urang Jawa ko indak suko ameh doh, Os?”

Jiiiiaaaa dibahas lagi. lolol

Jadi berasa seleb lah saya disana, ternyata jadi bahan perhatian dan gunjingan.

Karena amak ni lucu, saya jawab saja,

“Bang Oz indak ado pitih doh Mak untuk balian ameh”

“Ma ado ndak do pitih, percuma karajo jauh di rantau sampai ka negeri belando pitih ndak ado. Berdosa waang berdusta ka urang gaek”

Wkwkkwkk andai amak tau kita ga punya duit beneran, mungkin bakal diwarisin emas segunung kayak roro siapa itu yg artis tajir? Eh malah nggosip😀

Kata suami, yaaaaa begitulah pemikiran orang2 tua disana, status sosial sangat penting, penting menunjukkan kekayaan, kesuksesan, etc etc.

Sedangkan di keluarga saya, sejak kecil sudah dapat nasehat yg diulang2 seperti kaset rusak, “ojo seneng nek dihormati wong karena mobilmu apik, omahmu apik, suk yen ujug2 dipendhet Gusti Allah trus ra duwe opo2, wong ra bakal segan meneh. Allah suka sama orang berilmu, orang berilmu insyaAllah derajatnya ditinggikan, insyaAllah otomatis kinurmatan. Tapi ga usah gila hormate liyan, ra kanggo”

Ibuk saya yg baik hatinya bahkan seumur hidupnya hanya punya 1 cincin, sepasang anting, 1 gelang, dan 1 kalung sederhana, itupun ga dipakai semua. Haha ya gimana saya anaknya suka pake perhiasan kalau didikan ibuknya kek gitu. Saya suka sih lihat cincin berlian berkilauan gitu, tapi ya suka lihat aja, ogah pakainya dan belum punya duit buat belinya. Hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s