Pipislah di Tempatnya

1478008212670

Jadi begini, di sekitar Adam, ada 2 orang anak lebih besar, yg sering main sama dia,keduanya sudah TK.

.
Nah mereka ini kalau pipis suka di got, atau di semak2, atau apalah pokoknya bukan di tempatnya (red : kamarmandi/toilet/jamban). Dari duluuuu tiap mereka main dirumah sy, dan bilang mau pipis, selalu sy bilang, “ayok pipis di kamar mandi dek Adam aja, trus pipisnya diguyur”

.
Tapi ga pernah sekalipun berhasil, paling mending mereka balik kerumah, mungkin pipis di kamar mandi rumahnya, selebihnya ya di got/semak2.

.
Kemarin, mereka bilang mau pipis lagi, kalau yg satu mau pipis, yg satu pasti ikut, dan di got, pas di depan Adam, dan teriak “Mas mas, deloken manukku wis gede lho”, lalu mereka saling pamer 😣
.

Reflek langsung sy gendong Adam, masuk rumah, sambil teriak-teriak ke mereka berdua “mas itu saru, malu, ndak boleh pipis sembarangan kayak gitu”.
Saya ga pekewuh-pekewuh lagi memperingatkan mereka, terdengar ortunya ya malah kebetulan.

.
Duh, gimana ya.. pengalaman sy bersinggungan dg orang2 yg memilili kelainan seks itu sungguh membuat sy miris dan mau ekstra hati-hati.

.
Mak, baca berita kemarin ada anak 5tahun mencabuli teman sepermainannya seumuran? Huhu teriris hati ini mak, nangis beneran sy.

.
Mak, pernah denger kan berita anak2 kecil disodomi orang di sekitarnya?

.
Mak, tau kan ini jaman edan?

.
Kenapa mereka ga mau pipis di kamar mandi? Karena mindset mereka sudah terlanjur “pipis boleh dimana saja, ga harus jauh2 ke kamarmandi”

.

Ah nanti kalau sudah gede juga tau sendiri dimana harus pipis.

.
Oh ya mak? Tapi nyatanya di taman-taman atau dibawah jembatan itu bau pesing lho, bahkan sering saya lihat bapak-bapak naik kendaraan berhenti di pinggir jalan buat pipis. Duh entahlah kalau jaman dulu mungkin ini wajar ya, lha sekarang, minimal ke pom bensin kan ada toilet, ke musola atau masjid kan ada juga. Mbok berhenti disana aja.

.

Plis mak, ajarilah anak2 pendidikan seks sedini mungkin. Mulai dari hal kecil, saat ganti popok si kecil, bilangin “ibu ganti popok dulu ya, yg boleh ganti popok adek cuma a,b,c”

.

Saat di kamar mandi bilangin “pintu kamar mandi ditutup ya, ga boleh ada orang lain lihat kecuali ayah&bunda yg mandiin adek”

.
“Ga boleh telanjang di luar rumah ya dek”

.
Saat sudah belajar anatomi tubuh, ajarkan, “ini namanya penis dek, buat pipis, ga boleh disentuh orang lain”

.
Sampaikan secara konsisten dan berkelanjutan.

.

Mereka mungkin belum mengerti, tapi otaknya sudah merekam.

.
Saya bukan ahli parenting, hanya menerapkan kata para ahli yg menurut sy relevan untuk diajarkan ke anak-anak sy.

.
Ibu, adalah sekolah pertama anak. Sialnya, sinaps-sinaps di otak anak terhubung maksimal di usia 0-3tahun, golden age. Sedangkan toilet training juga memang diajarkan pada usia itu. Mau ga mau ya ibunya donk yg ngajarin. Mau nunggu dia sekolah biar diajarin gurunya? Duh plis, anak-anak jaman sekarang TK udah dituntut bisa baca, ya gimana sempat ibu guru ngajarin pipis. *cry

.

Bu, ini jaman, jaman edan.
Kasus-kasus pelecehan hampir setiap hari kita dengar.
Kalau bukan ibu yg membangun benteng kuat, siapa lagi?
Kalau bukan ibu yg menyelamatkan anaknya, siapa lagi?

.

Pati, 1 November 2016
November rain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s