Toilet Training Ala Mak Adam

wuiiisshhh akhirnya bisa nulis soal satu ini. haha sok-sokan nih. tapi gpp ding sharing is caring yak. soalnya banyak teman-teman sejawat (sesama ibu maksudnya 😜) yg nanya cara-caranya.

Ya walaupun artikel soal ini udah buanyaak bertebaran, mulai dari ditulis para ahli, sampai penulis abal-abal macam ini. haha

Berdasarkan beberapa sumber yg sy baca, toilet training ini termasuk salah satu milestone penting yang menyangkut soal kepercayaan diri dan kemandirian anak.

Dan bagi ibu-ibu dari anak-anak masa kini, ini merupakan suatu perjuangan besar. Beda dengan ibu-ibu jaman dulu yaa..
Kenapa begitu? Ya karena sejak si bayi lahir di RS udah dipakein diapers.
Nah diapers ini surga bagi ibu-ibu, gimana ga surga, ga perlu lagi sering-sering ganti popok, ga perlu repot nyuci, ga perlu bau pesing. surga lah pokoknya.

duh panjang amat pengantarnya yak.

Kemudian saya memutuskan untuk sounding soal TT ke Adam sejak usia 15-16bulan. Oya jauh sebelumnya saya sering bacakan Adam cerita Cican pipis di toilet. PIPIS DAN EEK HANYA DI TOILET.Β 

“Adam pakai clodi dan popok hanya sampai 18bulan ya, Adam sudah besar pipis dan eeknya di kamar mandi, tidak boleh sembarang tempat ya, najis.”

Adam pipis dan eek tidak boleh sembarangan kan ya, harus di toooiiii?”

“leeeet”, jawab Adam.

Lalu usia 17bulan Adam mulai bisa bilang “pipis”, “eek”, tau kamar mandi, tau kloset, bisa menggunakan sprayer, saya ajari ngeflush kloset. (awalnya saya berencana mengenalkan kloset duduk terlebih dahulu ke Adam)

Rencana semula TT akan saya mulai pas usia 18bulan, tapi akhirnya secara mendadak maju seminggu. Karena tiba-tiba Adam ruam, padahal seumur-umur belum pernah kyk gitu. Tiba-tiba keberanian memulai TT itu muncul begitu saja, tanpa rencana. Berefek hari kedua kehabisan celana. haha

  • PERSIAPAN :
    – Pastikan anak siap memulai TT
    – sedia celana banyak2 (kalau mau pakai training pants juga boleh)
    – pasang semua kasur yg biasa dipakai anak dengan sprei waterproof (biar kita makin PD dan tetep waras. wkwk)
    – beritahu semua orang dirumah, Adam mau TT, jadi semua siaga, semua kompak
    – siapkan mental, turunkan standar harapan. wkwk ini penting, biar tetep bisa senyum dan sabar dikala mengepel ompol dan njumputi eek. ingat, setiap anak spesial, jangan dibanding-bandingkan!

 

  • PROSES :
    Hari ke 1 mulai sore :
    – ngepel terooooss..
  • Hari ke 2 :
    – Adam selalu bilang pipis, sepersekian detik kemudian mancur. haha
    – ngepel sejam bisa 3kali, Adam minumnya banyak, makanya stok celana sampai habis mana musim hujan becek ga ada ojek. Tambah rusuh karena rebutan mau ngepel juga. haha
    – Ajak ke kamar mandi 1-2jam sekali, tapi seharian bisa keluar pipis HANYA 2 kali. Selebihnya ngompol. Di kamar mandi cuma main air. sabar aja buuuw..
    – sudah bisa bobok siang tanpa clodi, sekitar 1-3jam lah, ga ngompol
    – malam pakai diapers
    – sempat mau menyerah, berfikir mungkin belum waktunya Adam TT. Sampai saya buat status minta dukungan dari ibu-ibu yg pengalaman. wkwkk itulah gunanya teman bukan? makasih makemak 😘
  • Hari ke 3 :
    Masih ngepel berkali-kali sih. Tapi jauh lebih baik. sempat jatuh kepleset karena pipisnya.
  • Hari ke 5 :
    – Ngepel pipis cuma 1kali. yey!! alhamdulillah alhamdulillahπŸ˜†πŸ˜†
    – tiap disuruh pipis 1.5-2jam sekali udah mau pipis, saya selalu bilang, “fokus Dam, lihat penis tu, pipislah”, dan walaaa mantra berhasil sampai sekarang. wkwk
    – mulai berusaha membasuh penisnya dan mengguyur pipisnya sendiri
  • Hari ke 6 :
    – pertama kali lari ke kamar mandi tanpa komando, tapi ga ngomong, jadi absurd. haha (soundingnya : kalau Adam mau pipis, bilang ke bunda, trus kita lariii ke kamar mandi ya)
  • Hari ke 7 :
    – pertama kali bangun sendiri tengah malam bilang mau pipis, habis itu ga bobok lagi sampai jam 3 πŸ˜…
  • Hari ke 9 :
    – pertama Adam selalu bilang “pipis” sebelum pipis beneran, dan berhasil nahan pipis sampai di kamar mandi! ini mengharukan. haha
    – pertama kali juga Adam ke WC dengan sendirinya untuk pup, ya walau masih kececer 😁
    – pertama kali TT malam hari, tetep pakai popok, sebelum tidur pastikan pipis dulu, tiap 3jam sekali kalau dia mulai gelisah sy gendong ke kamar mandi. Nangis, berontak, trus sy peluk sambil ngobrol, “Adam pinter sudah ga ngompol lagi. Adam tau pipis&eek hanya di toilet. Tidak boleh sembarang tempat ya. Sekarang Adam pipis habis itu bobok lagi”
    Dan faktanya dia ga bobok lagi sampai jam 3. wkwk
    – sampai pagi popok kering
  • Hari ke 10 :
    – siang lancar jaya tanpa hambatan
    – malam pakai celana biasa, dia bobok mulai jam 19.30. jam 11 saya bawa ke kamar mandi, habis itu dia langsung bobok sendiri, triknya lampu kamar tetep gelap, di kamar mandi pakai lampu remang-remang aja. Trus sy ketiduran sampai subuh, alhamdulillah ga ngompol, bangun tidur buru-buru ajak ke kamarmandi.
  • Hari ke 11 :
    ketiduran juga emaknya. wkwk alhamdulillah ga ngompol juga
  • Hari ke 12 :
    pipis cuma sebelum tidur jam 19.30, sampai pagi alhamdulillah ga ngompol.

Yuhuuu.. alhamdulillah selesai sudah rangkaian toilet training yg mendebarkan ini. habis itu udah ga ngompol lagi? ya ada beberapa kali, terutama pas main sama temennya, dia bilang mau pipis tapi trus teralihkan perhatiannya, ngompol deh. tapi ya gpp namanya belajar sesekali salah boleh lah. πŸ˜‚

 

photogrid_1481637521877

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s