1st NHW Matrikulasi Institut Ibu Profesional : Adab Menuntut Ilmu

Alhamdulillah akhirnya ikut kelas matrikulasi Institut Ibu Profesional juga, setelah sekian lama ragu maju mundur cantik 😅

Di kelas matrikulasi ini kami mendapat tugas mingguan yang disebut Nice Homework (NHW), berkaitan dengan materi yang telah diberikan sebelumnya.

Hari ini merupakan hari pertama materi dimulai, tentang Adab Menuntut Ilmu. Pertanyaan-pertanyaan NHWnya membuat saya merenung cukup lama, mau menjawab apa. huhu..
karena selama ini saya banyak minat minim eksekusi 😥

Bismillah saya coba menjawab semuanya,

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
Saya punya banyak sekali minat ilmu, tapi yang paling urgent sekarang adalah parenting.

2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
Karena saat ini saya adalah seorang ibu, madrasah pertama bagi anak-anak. Sejak punya anak, saya merasa semakin banyak sekali kekurangan pada diri saya. Saya ingin anak-anak tidak menyesal dilahirkan dan dibesarkan oleh saya. Saya ingin anak-anak tumbuh bahagia.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
Selama ini saya hanya otodidak belajar melalui buku, bertanya kepada orangtua, menjadi follower para ahli parenting, dll. Tidak punya guru. Padahal dalam mencari ilmu harus ada guru. Matrikulasi IIP ini jadi ikhtiar pertama saya dalam mencari guru.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
– selama ini saya adalah orang yang sok tahu, sok merasa paling banyak membaca buku, padahal prakteknya susah. Dari materi pertama ini saya diingatkan kembali untuk mengosongkan gelas, ikhlas menerima kucuran ilmu baru.
– bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas, ini alasan saya maju mundur mengikuti kelas matrikulasi IIP sebelumnya, takut mendapat tugas, takut tidak ada waktu mengerjakan, dan ketakutan-ketakutan lain, yang mungkin hanya halusinasi saya saja. Maka mulai hari ini saya bertekad bersungguh-sungguh mengerjakan setiap tugas yang diberikan.

Stirling, 16 Mei 2017
WAG IIPMB4 LN

Leave a Reply

