NHW #4

📚NICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀

 

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
InsyaAllah saya mantap dengan pilihan awal saya, untuk belajar ilmu parenting&anak. Karena saya seorang ibu, terlepas dari apapun pekerjaan saya diluar, saya tetaplah seorang ibu, yang qadarullah sering merangkap sebagai bapak, meski tidak akan pernah bisa menggantikan peran itu seutuhnya. Maka saya harus banyak belajar tentang itu.
Selain itu, sebagaimana saya, banyak sekali ibu-ibu muda yang galau, haus akan ilmu tentang ini, di tengah gempuran banjir informasi, maka saya ingin hadir sebagai sahabat yang mengerti apa yang mereka rasakan, dan berbagi ilmu yang saya punya.

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
Di NHW #2 saya belum membuat checklist yang detail, saya missed di pembuatan tugas saat itu. InsyaAllah akan saya buat revisi yang lebih detail.

c .Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Misi Hidup : menjadi seorang ibu yang senantiasa menebarkan manfaat untuk orang-orang di sekitarnya, berbagi ilmu, dan keceriaan.
Bidang : Parenting dan Anak
Peran : Sahabat, Teman, dan Inspirator

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Untuk menjadi ahli di bidang Parenting&Anak, sejalan dengan tahapan ilmu yang ada di IIP, yaitu :

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
Saat ini saya berusia 27 tahun, inilah KM 0 saya untuk menjadi ahli di bidang parenting&anak.
Saat ini hingga beberapa tahun ke depan saya memilih menjadi ibu rumah tangga, jadi ada banyak waktu untuk memenuhi target 10.000 jam terbang. Setiap hari saya akan meluangkan 10jam untuk mencari ilmu, mempraktekkan, dan menuliskan bersama anak-anak. InsyaAllah saya akan menjadi ibu profesional di bidang yang saya tekuni dalam waktu 3 tahun ke depan.

Milestone yang harus diraih adalah sbb :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang, termasuk menguasai tentang ilmu sabar.
KM 1 – KM 2 (tahun 2 : semester 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 : semester 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

 

Semoga Allah ridhoi setiap niat dan langkah saya untuk menjadi orangtua yang baik. aamiin..

 

Stirling, 10 Juni 2017

Leave a Reply

